Jumat, 20 Februari 2015

Nasehat Berharga



Bogor, 21 Februari 2015
@ Kamar kosan tercinta
Pukul: 09.46 WIB

Wasiat Ibu kepada Anak Perempuannya Sebelum Malam Pertama
(Wasiat Ummamah bintu Harist kepada anaknya Ummu Iyas)



1.   Khusyuk kepadanya dan selalu merasa puas atas pemberiannya. Penghuni neraka yang paling banyak adalah perempuan. Karena banyak melaknat dan kufur kepada suami. Sifat qanaah seorang istri sangat dibutuhkan. Hendaknya merasa puas dari pemberian suaminya karena nafkah dan rezeki itu diberikan berdasarkan kemampuan suaminya. Oleh karena itu, mengapa seorang istri selalu meminta lebih dari pemberian suaminya?
2.   Senantiasa selalu mendengar dan selalu taat kepada suaminya. Mendengar dengan baik perkataan, tidak suka memotong perkataan suaminya dan tidak suka membuat suaminya marah. Wanita yang paling baik di seluruh dunia adalah seorang istri/wanita yang menggembirakan suaminya jika melihatnya, seorang istri yang menaatinya suaminya jika ia memerintahnya, seorang istri yang tidak menyelisihi di dalam diri istri ataupun dalam harta istri yang tidak disukai suaminya.
Tidaklah seorang istri menyakiti suaminy adi dunia melainkan istri2 dari bidadarinya berkata: wahai kamu istri jangan kau sakiti dia. Sesungguhnya suamimu itu sekedar tamu dan sebentar lagi ia akan berkumpul dengan kami.
Apabila melakukan kesalahan maka meminta maaflah pada suaminya, tidak merasa tenang jika belum dimaafkan oleh suaminya, tidak berdandan, tidak bisa makan.
Seorang istri pecinta dan banyak melahirkan anak, jika istrinya marah atau diperbuat tidak baik atau suaminya murka pada istri, ini tanganku maka aku tidak akan tidur sebelum dimaafkan oleh suaminya.
3-4 Hendaknya mencari-cari, selalu berhati-hati pada tempat-tempat yang dilihat oleh mata suaminya. Jangan sampai mata suami melihat sesuatu yang buruk atau tidak disukai dari istri ataupun dari tubuh istri, jangan sampai hidung suaminya mencium bau yang tiak enak dari istri. Memperhatikan penampilan istri di hadapan suaminya. Untuk siapa seorang istri berpenampilan cantik ketika keluar dari rumah? Padahal telah ada perjanjian yang sangat berat di antara suami dan istri. Hubungan antara Ibu dan anak adalah hubungan darah, seorang wanita dengan suaminya adalah hubungan perjanjian.
5-6  Hendaknya selalu memperhatikan waktu tidur dan makannya suami. Jangan sampai waktu tidurnya tidak diperhatikan karena seorang suami itu berkewajiban memberikan nafkah dan akan keluar bekerja. Orang yang selalu lapar dan kekurangan tidur maka akan mendatangkan kemurkaan, sehingga seorang istri mesti memperhatikan makan suaminya.
7.   Selalu menjaga harta suami. Jangan menghambur-hamburkan harta suaminya kecuali dengan izin suaminya. Seorang istri tidak boleh mengeluarkan hartanya kecuali dengan izin suaminya.
8.    Mengurus dan mendidik anak-anaknya. Agar seseorang bagus mengurus harta maka ia harus benar-benar baik dalam pengaturan dan pengurusan yang baik bagi anak-anak adalah mendidik anak-anaknya dengan baik. Bagaimana dengan kondisi seorang istri yang keluar rumah bekerja atau urusan-urusan lainnya sehingga anak-anaknya tersebut ditinggalkan dengan lingkungannya sendiri menyebabkan anak tidak sholeh.
9.        Jangan pernah bermaksiat atas perintah-perintah suami (dalam kemakrufan).
10.  Jangan menyebarkan rahasia-rahasia yang dimiliki oleh suami, maka engkau akan tidak aman dan suami akan berkhianat pada istrinya. Dosa yang paling besar adalah orang yang membuka rahasia dengan pasangannya tentang ranjang. Perumpaan hal seperti itu, setan laki-laki bertemu dengan setan perempuan dan kemudian menipu dan orang-orang melihat perbuatan mereka.


Hal yang harus ada pada pasangan suami istri:
Nasihat Ummamah bintu Harist kepada anaknya Ummu Iyas. Hati-hatilah kamu wahai anakku jangan pernah gembira dihadapan suamimu jika ia dalam keadaan sedih ataupun galau atau penuh masalah. Jangan pernah sedih di hadapan suaminya jika ia dalam keadaan gembira.

Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang Sakinah=penuh ketenangan, mawaddah=penuh kecintaan, dan warahmah=penuh kasih sayang. aamiin.

Bagaimana cara mengenali sifat-sifat suami yang disukai maupun yang tidak disukai? 
Memberitahukan kepada pasangan dengan bahasa yang baik terhadap hal yang disukai maupun yang tidak disukai.  
Memberitahukan kebiasaan-kebiasaan suaminya di malam pertama (berdasarkan kisah ulama). Jika ada perbuatan istri yang tidak disukai maka suami diberitahukan kepada istri. Pemberitahuan itu semestinya di awal.
Selain itu, dengan banyaknya bergaul antara suami dan istri.

Sampai batas mana kesabaran seorang istri pada suaminya yang tidak sholat?  
Maka seorang wanita itu berhak menggugat cerai (khulud) dan mencari lelaki yang sholeh jika seorang istri telah menasehati dan mengingatkan suami secara berulang-ulang dan sedemikian rupa karena seorang muslimah tidak boleh di bawah seorang yang kafir. Perjanjian antara kita dengan mereka (orang kafir) adalah sholat. Maka barangsiapa yang meninggalkan sholat adalah kafir. Meninggalkan sholat itu lebih berat dari menzinahi Ibunya, lebih berat mencuri bapaknya, lebih berat dari membunuh diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar